Maksimalkan Bonus Demografi Untuk Meningkatkan Pertumbuhan Ekonomi Indonesia

Maksimalkan Bonus Demografi Untuk Meningkatkan Pertumbuhan Ekonomi Indonesia

Bonus Demografi

Maksimalkan Bonus Demografi Untuk Meningkatkan Pertumbuhan Ekonomi Indonesia

Halo Deloners ketemu lagi sama saya momsodell, kali ini saya akan mengupas  Indonesia Dalam AngkaBahasan saya kali ini adalah Manfaat Bonus Demografi Bagi Pertumbuhan Ekonomi Indonesia  dan bagaimana  cara Memaksimalkan Bonus Demografi tersebut agar dapat meningkatkan pertumbuhan ekonomi Indonesia. Sebelum saya lanjut ke inti pembahasan, saya akan mengulik sedikit tentang Demografi dan apa itu bonus demografi, supaya teman-teman yang belum pernah mendengar kata-kata "Bonus Demografi" bisa paham dan akhirnya kita bisa satu pemahaman akan maksud dari pembahasan yang akan saya tulis ini. 

Pada awal kalimat pembukaan saya mengatakan bahwa saya akan mengupas Indonesia Dalam Angka, maksudnya adalah saya akan membeberkan tentang Bonus Demografi dan Pertumbuhan Ekonomi Indonesia dengan memaparkan data-data yang berupa angka-angka. Data-data tersebut saya dapatkan dari sebuah  website yang bernama "Databoks".

Databoks adalah portal data statistik ekonomi dan bisnis yang merupakan bagian dari Katadata, sebuah perusahaan riset dan media online (katadata.co.id) yang berdiri sejak tahun 2012. Databoks dibuat dengan tujuan untuk memudahkan perusahaan, pelaku bisnis, periset, pelajar, pemerintah dan media untuk mencari dan mengolah data ekonomi dan bisnis secara cepat untuk berbagai keperluan. Databoks juga menyediakan fasilitas bagi perusahaan untuk mempublikasikan data, sehingga para pemangku kepentingan (stakeholder) bisa dengan cepat mengetahui informasi perusahaan.

Sebagai seorang blogger, dengan adanya Databoks ini sangat membantu saya ketika akan menyajikan sebuah tulisan yang memerlukan data-data statistik yang akurat tanpa harus repot-repot membuatnya terlebih dahulu, karena Databoks sudah menyiapkannya dalam bentuk Embed yang bisa saya letakkan langsung kedalam blog saya.

Data-data yang tersedia di Databoks sangat lengkap dan bermacam-macam kategori, jadi sangat memudahkan pengunjung yang ingin mencari data.

Teman-teman sebelumnya mungkin ada yang belum pernah mendengar atau sudah pernah mendengar tentang istilah Bonus Demografi atau yang lebih dikenal dengan istilah demographic dividen

Bonus Demografi adalah suatu  keadaan dimana struktur penduduk didominasi oleh mereka yang berusia produktif (15 -64 Tahun) sehingga keadaan ini tentu akan sangat langka dialami oleh suatu Negara (Tiffatul Sembiring). Sedangkan menurut BKKBN, Bonus Demografi adalah keuntungan yang dinikmati suatu negara yang ada di dunia ini sebagai akibat dari besarnya proporsi penduduk produktif (rentang usia 15-64 tahun) dalam evolusi kependudukan yang dialami oleh negaranya tersebut. Menurut Ilmu Ekonomi, Bonus Demografi merupakan  fenomena penting yang dialami oleh suatu negara karena kondisi jumlah penduduknya yang dinilai bahwa usia produktif sangat besar, sedang proporsi usia belum produktif (usia muda di bawah 15 tahun) dan usia tidak produktif (usia di atas 60 tahun) sudah semakin kecil.

Dari beberapa pengertian bisa ditarik kesimpulan bahwa Bonus Demografi adalah sebuah kondisi yang menguntungkan untuk sebuah negara karena jumlah penduduk dengan usia Produktif (15-64 tahun) lebih besar daripada jumlah penduduk non-produktif. Mengapa dikatakan menguntungkan untuk sebuah Negara ?

Bonus demografi bisa menjadi peluang strategis bagi Indonesia untuk melakukan percepatan pembangunan ekonomi, dengan dukungan ketersediaan sumber daya manusia usia produktif dalam jumlah signifikan, asalkan pemerintah tahu cara memaksimalkan manfaat dari Bonus Demografi.

Berdasarkan Data Statistik dari Badan Pusat Statistik (BPS) pada tahun 2016 ini, jumlah penduduk Indonesia sebanyak 258 Juta orang, dengan Proporsi penduduk terdiri dari laki-laki sebanyak 129, 98 Juta orang dan penduduk dengan jenis kelamin perempuan sebanyak 128, 71 juta orang. Rasio Jenis kelamin penduduk Indonesia sebesar 101, artinya diantara 100 orang perempuan terdapat 101 laki-laki.

Dari data statistik Badan Pusat Statistik (BPS) juga dapat diketahui bahwa saat ini penduduk Indonesia lebih didominasi oleh kelompok umur produktif, kondisi ini menunjukkan bahwa Indonesia sedang memasuki Era Bonus Demografi, suatu kondisi dimana Indonesia kelebihan penduduk usia produktif, sehingga dapat dimanfaatkan untuk peningkatan pembangunan, terutama pembangunan disektor Ekonomi. Diperkirakan  puncak Era Bonus Demografi akan dialami oleh Negara Indonesia akan terjadi pada tahun 2025 - 2030.

Penduduk merupakan salah satu modal utama untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi, karena semakin banyak penduduk yang bekerja maka akan meningkatkan pendapatan Negara. Oleh karena itu pemerintah hendaknya memfasilitasi semua kebutuhan untuk  memaksimalkan bonus demografi ini, misalnya

  • Meningkatkan dan menciptakan banyak Lapangan Kerja
  • Memaksimalkan jumlah wanita yang sangat produktif dengan cara membuka lapangan kerja untuk para wanita sehingga membantu meningkatkan pendapatan
  • Memberikan Jaminan Kesehatan Untuk mereka  yang berada pada rentang usia produktif
  • Memperbaiki tingkat pendidikan dan pengetahuan para penduduk usia produktif terutama untuk para penduduk usia produktif yang putus sekolah pemerintah bisa membuka berbagai pelatihan kerja sehingga mereka memiliki keterampilan yang dapat menjadi modal mereka untuk bekerja.

Jika pemerintah tidak mampu memanfaatkan fenomena langka ini maka bonus demografi bisa berubah menjadi gelombang pengangguran massal dan semakin menambah beban anggaran negara.

Bonus Demografi dapat menjadi keuntungan besar untuk suatu negara apabila negara tersebut mampu memanfaatkan secara maksimal laju pertumbuhan penduduknya. Usia produktif merupakan usia yang sangat tepat untuk mempercepat laju perekenomian, karena pada usia bekerja kemampuan dan semangat mereka untuk bekerja sangat tinggi. Oleh karena itu hendaknya pemerintah memfasilitasi semua kebutuhan mereka. Termasuk wanita yang berada pada umur sangat produktif.

Dengan jumlah mereka yang lebih besar dibandingkan jumlah pria, hendaknya pemerintah memperhitungkan mereka untuk meningkatkan pendapatan perkapita.

4 Comments

  1. Ika P. Himawati 5 months ago

    Menarik untuk jadi referensi ☺️

  2. kopi curup 5 months ago

    Wah infonya detil sangat

  3. Mas Ahmad 5 months ago

    Wow, luar biasa dampaknya jika pemerintah bisa memanfaatkan bonus demografi tersebut secara maksimal.

  4. Aang verianto 5 months ago

    Wah ini sangat berguna untuk mencari tahu statistik kependudukan, tinggal cek aja

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*